Kreasi perhiasan cantik dari bahan bekas, sepertinya cukup menarik digalakkan saat ini. Mengingat fenomena sampah semakin hari, semakin menjadi problem yang kompleks bagi manusia dan lingkungan.

Bagaimana tidak, volumenya terus menggunung sementara upaya untuk mendaur ulang sampah masih sangat minim. Setiap hari ratusan bahkan ribuan kontainer sampah diangkut dari pemukiman ke tempat pembuangan sampah. Belum lagi yang dibuang sembarang di kali danau dan pinggir-pinggir hutan. 

Membuat kreasi perhiasan unik dari sampah atau barang bekas adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi volume sampah. Kegiatan ini perlu digalakkan di lingkungan sekitar. Misalnya melalui sekolah, organisasi wanita, dan kelompok-kelompok PKK.

Banyak kreasi perhiasan cantik yang bisa dihasilkan dari barang bekas. Ide-ide menarik bisa didapatkan dari mana saja, seperti majalah, surat kabar atau buku-buku kerajinan yang banyak tersebar ditoko buku. Menyulap barang bekas menjadi perhiasan unik bernilai jual, kenapa tidak?

Kreasi Unik dari Sampah

Sampah-sampah yang selalu dipandang sebelah mata, ternyata memiliki potensi terpendam yang sangat besar. Tidak banyak orang yang dapat memanfaatkan potensi besar tersebut. Hanya tangan-tangan kreatif dan jiwa idealis yang berhasil mengungkap dan menyulapnya menjadi perhiasan cantik yang memiliki nilai jual.

Contohnya saja plastik sabun dan deterjen yang beraneka warna bisa disulap menjadi tas unik yang cantik. Kardus bekas bisa dipermak menjadi bingkai foto menarik dan lain sebagainya. Bahkan bungkus rokok yang tampak tidak menarik pun, bisa disusun melingkar sehingga membentuk hiasan dinding yang unik. 

Intinya semua bergantung pada kemauan untuk berbuat dan memikirkan kreasi unik yang bisa dihasilkan dari barang-barang bekas tersebut.

Bros Unik dari Stik Es Krim

Membuat perhiasan cantik tidak perlu dengan bahan yang mahal. Bahkan bahan bekas pun bisa disulap menjadi beragam kreasi unik dan cantik. Salah satu diantaranya adalah stik es krim.

Mulai saat ini jangan buang stik es krim yang anda makan.  Sebab, hanya dengan sentuhan kecil stik es krim yang tampak sederhana itu bisa disulap menjadi bros cantik yang akan menghiasi jilbab anda.

Bagaimana caranya? Berikut cara sederhana menyulap stik es krim menjadi bros unik
  • Alat dan bahan
Bahan dan alat yang digunakan tidak sulit. Sediakan stik es krim sebagai bahan dasar, peniti untuk bros dan lem tembak sebagai perekat. Kemudian sebagai hiasan sediakan manik-manik, biji-bijian, kerang dan benda-benda unik lain yang seimbang dengan stik.
  • Cara membuat
  1. Potong stik sepanjang 2 – 2,5 cm. Kemudian rekatkan potongan-potongan sesuai bentuk yang anda inginkan. Bisa berbentuk huruf V, silang seperti tambah atau kali, disusun dua sejajar dan sebagainya. Terserah anda seperti apa pola bros yang unik.
  2. Kemudian hias rangka bros tersebut dengan manik-manik, biji-bijian, kerang dan hiasan lainnya. Rekatkan bahan-bahan tersebut dengan menggunakan lem tembak.
  3. Pasang peniti pada bagian belakang stik yang tidak ditempeli hiasan.
  4. Bros siap digunakan


Sumber :
http://www.anneahira.com/perhiasan-cantik.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s