Apakah Es Krim / Ice Cream Itu ?

Merupakan kelompok hidangan beku yang memiliki tekstur semi padat. Berdasarkan komposisinya, es krim digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu ekonomis, good average, dan deluxe. Nah, es krim komersial yang biasanya Anda beli pada umumnya berjenis ekonomi.

Mutu es krim biasanya ditentukan oleh bahan bakunya yang bermutu tinggi serta proses pembuatannya yang higienis. Komposisi gizi per 100 gram es krim yang menonjol adalah energi (207 kkal), protein (4,0 g), dan lemak (12,5 g).

Manfaatnya Bagi Tubuh

Di dalam bahan dasar es krim, yaitu susu terdapat lebih dari 100.000 jenis molekul. Selain air dan lemak, molekul-molekul tersebut mencakup protein, karbohidrat, mineral, enzim-enzim, gas, serta vitamin A. C dan D. Selain itu juga susu mengandung beberapa komponen bioaktif berupa protein susu, laktosa, asam-asam lemak dan mineral, terutama kalsium. Itu sebabnya produk-produk turunan susu, termasuk es krim juga memiliki kontribusi yang tinggi bagi kesehatan tubuh.

Salah satu komponen dari golongan karbohidrat yang terdapat pada es krim adalah laktosa. Laktosa, selain dapat menambah cita rasa ternyata juga dapat mempertahankan palatabilitas (rasa enak) pada es krim. Sedangkan fungsi asam lemak dan asam linoleat pada es krim adalah untuk meningkatkan aktivitas antipatogenik, antibakteri, dan antiviral. Kandungan kalsium pada es krim bermanfaat untuk menjaga kepadatan massa tulang, pencegahan osteoporosis, kanker, serta hipertensi.

Meningkatkan Peluang Kehamilan

Wanita yang berusaha untuk hamil dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya konsepsi dalam rahimnya dengan mengkonsumsi es krim atau segelas susu berlemak setiap hari. Sebuah penelitian di Harvard School of Public Health, Boston menunjukkan bahwa wanita yang ingin hamil sebaiknya menghindari produk susu yang rendah lemak, karena hal itu justru berkaitan dengan non-ovulasi.

Reuters Health juga menyatakan bahwa jika seseorang menghendaki kehamilan, maka ada baiknya untuk mengkonsumsi satu atau dua porsi makanan dari produk susu berlemak, namun tanpa meningkatkan asupan kalori total dan mempertahankan asupan lemak jenuh yang rendah.

Selama delapan tahun penelitian, penilaian dilakukan terhadap diet yang dilakukan oleh 18.555 wanita yang telah menikah, tidak memiliki riwayat infertilitas, dan sedang berusaha untuk hamil.
Selama masa penelitian tersebut, sebanyak 2.165 wanita menjalani pemeriksaan medis mengenai infertilitas dan 438 diantaranya diketahui mengalami infertilitas karena kurangnya ovulasi atau an-ovulasi.

Para peneliti menemukan bahwa para wanita yang mengonsumsi sekurangnya satu porsi makanan dari produk susu tinggi lemak setiap hari dapat menurunkan risiko infertilitas terkait ovulasi sebanyak 27% dibandingkan wanita yang mengonsumsi makanan sejenis dalam jumlah lebih sedikit per minggunya. Hal sebaliknya juga berlaku pada makanan dari susu berlemak tinggi, khususnya susu murni.

Kini dianjurkan agar wanita yang ingin hamil sebaiknya mengganti konsumsi makanan dari susu rendah lemak, seperti susu skim dan yogurt dengan makanan dari susu berlemak tinggi seperti susu murni dan es krim, namun tetap mempertahankan asupan kalori yang normal dan membatasi asupan lemak jenuh untuk mempertahankan kesehatan tubuhnya. Dianjurkan juga agar setelah seorang wanita berhasil hamil, ia sebaiknya kembali mengonsumsi makanan dari susu rendah lemak.

Saat Kehamilan

Dengan memperhatikan manfaat “Ice Cream Bagi Tubuh” yang telah diuaraikan di Sub Judul di atas, maka para bunda nggak perlu khawatir karena pada dasarnya juga tidak ada pantangan 100% makanan untuk ibu hamil kecuali alkohol.

Bahwa ibu hamil tidak boleh makan es atau minuman dingin, itu hanya mitos. Minum es boleh saja, yang tidak boleh itu terlalu banyak mengkonsumsi gula (karbohidrat sederhana). Nah, mungkin mitos itu berkembang karena dulu, minuman dingin itu diidentikkan dengan sirup yang isinya cuma gula, dan memang, mengkonsumsi gula secara berlebihan bisa menyebabkan bayi besar. Jadi, kalo cuma es atau minuman dingin dari kulkas, boleh-boleh aja, bu. Makan ice cream sekali sehari juga tidak apa-apa, kan tidak berlebihan.

Tapi juga perlu diingat konsumsi ice cream juga tidak boleh sembarangan, tetap ada batasannya karena bagaimanapun juga segala sesuatu yang berlebih dampaknya juga kurang baik. Salah seorang pakar gizi menyarankan untuk konsumsi ice cream pada ibu hamil cukup 2-3 cangkir per minggu.

Ancaman dari Para Istri Hamil kepada Para Suaminya

Memperhatikan semua uraian di atas, maka tentunya bagi para istri yang ingin hamil atau sedang hamil, meningkatkan konsumsi ice cream adalah suatu yang sangat disarankan, tentunya dalam batas kewajaran. Apalagi bagi para ibu hamil yang sedang kepingin banget (ngidam) akan ice cream, bila para suami tidak membelikan ice cream maka si suami akan menerima akibatnya. Mungkin ada ungkapan yang sangat cocok mewakili keinginan para istri hamil akan perhatian dari para suaminya dengan mengungkapan perasaan cinta kasihnya melalui ice cream.

Ungkapan tersebut adalah sebagai berikut ; “I LOVE YOU SO MUCH, THAT IF I WERE PREGNANT AND I ASKED YOU TO PICK UP ICE CREAM ON YOUR WAY HOME AND YOU FORGOT, I WOULD PROBABLY NOT DIVORCE YOU. PROBABLY”.

Sumber :
http://www.conectique.com/tips_solution/diet_nutrition/nutrition/article.php?article_id=5849
http://ahlitips.blogspot.com/2010/12/es-krim-untuk-cepat-hamil.html
http://www.momsmiracle.com/content/view/80/85/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s