Cara memilih mesin Frozen Yoghurt 
tulisan ini merupakan kelanjutan dari cara memilih mesin Ice Cream

Seperti yang dijelaskan pada artikel cara memilih mesin ice cream dimana banyak sekali model mesin soft ice cream dipasaran, namun kebanyakan dari pembeli biasanya tidak mengetahui dengan benar dan lengkap kebutuhan mesin ice cream yang diperlukan dan biasanya para pembeli mesin frozen yoghurt mengetahuinya belakangan alias terlanjur beli mesin ice cream yang modelnya tidak sesuai dengan yang diiginkan karena tidak cocok dengan bisnis yang digeluti. Apalagi didunia internet banyak sekali para pemain / penjual mesin ice cream atau mesin frozen yoghurt , mesin hard ice cream dimana toko online sebagaimana di dunia internet biasanya tidak ada stock dan karena toko online biasanya mereka mempunyai banyak sekali show room yang disesuaikan dengan importir atau distributor atau agen sesuai dengan merek yang diminta oleh pembeli.  Karena itu tidak sedikit dari pembeli mesin frozen yoghurt atau mesin ice cream atau mesin hard ice cream  kesulitan dalam masalah garansi atau after sales service dari mesin ice cream tersebut. Hal ini bisa dimaklumi biasanya sebagai reseller mereka hanya sebatas menjual mesin ice cream dan masalah garansi dan service dari mesin hard ice cream tersebut diserahkan ke agen atau distributor mesin ice cream yang aslinya.

Kerena itu ada banyak hal yang harus diperhatikan saat akan membeli mesin froyo atau mesin ice cream agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari. ?Yang terpenting pada pembaelian mesin ice cream dan harus diperhatikan adalah maslah purna jual mengenai mulai dari ketersediaan spare part  mesin ice cream dan service mesin ice cream agar supaya mesin yang telah kita miliki akan menjadi rongsokan karena tidak tersedia spare part atau karena pihak penjual tidak melayani service/repair atau haraga spare part yng menjulang sehingga harga spare part tidak terjangkau. Dan juga yang tidak kalah urgentnya adalah kesediaan para penjual mesin ice cream untuk memberikan pelatihan baik cara mengoprasikan mesin ice cream maupun cara peracikan bahan dan ketersediaan bahan ice cream.yang untuk di indonesia perlu diperhatikan akan kehalalan dari bahan yang dilampiri dengan sertifikat halal dari MUI

Mesin soft Ice Cream

Komponen-komponen penting dari mesin Ice Cream / soft ice cream machine / mesin es krim
* Compressor mesin Ice cream merupakan bagian dari refrigrasi sistem guna mengatur/menciptakan kompresi pada sistem dalam hal ini freon, sehingga terciptalah pendinginan /pembekuan adonan es krim. Area /alat pemebkuan sendiri bisa juga dikatakan sebagai evaporator yang berupa cylinder ( barrel ) dimana didalamnya terdapat shaft screw yang berfunngsi untk mengaduk adonan saat proses pembekuan sehingga pembekuan adonan es krim bisa merata dengan membentuk butir2 es yang lembut. Kompressor adalah komponen utama dari mesin yang sangat berpengaruh pada mutu es krim baik kualitas dari segi kebekuan maupun kuantitas produk yang dihasilkan. Makin besar kapasitas produk ice cream yang dihasilkan maka type kompressor yang dipasang pada mesin ice cream / ice cream machine / mesin frozen yoghurt akan makin besar, begitu juga kebutuhan listriknya.Kualitas dari mesin es krim / mesin soft ice cream kebanyakan ditentukan oleh kualitas dari kompressor, semakin bagus kualitas kompressor maka makin bagus performa mesin es krim / mesin soft ice cream, untuk kompressor keluaran eropa ( Jerman, itali, Prancis ) dan Jepang biasanya cukup mahal karena kualitasnya sudah teruji dan life timenya lebih lama.

Mesin Frozen Yoghurt
Mesin Fry Ice Cream

* Cup/mangkok/drum tempat adonan untuk mesin soft ice cream machine berada pada bagian atas mesin soft ice cream pada posisi bawah terdapat lubang untuk mengalirkan adonan ke dalam ruang cooling.
* Condensor , Dari compressor refrigrant yang bertekanan dengan temperatur tinggi yang mempunyai bentuk gas di alirkan ke condensor yang berfungsi untuk merubah refrigrant ke bentuk cair dan pada system regrigrant kecil biasanya jenis condensor yang digunakan adalah menggunakan fan yang mana media yang digunakan untuk proses condensasi adalah aliran udara. Apabila proses condensasi ini tidak berhasil dengan sempurna akan mempengaruhi proses selanjutnya dimana refrigran tidak akan bisa bekerja sebagimana yang diinginkan.
* Expansion valve, Merupakan bagian penting dari sistem refrigrasi pada mesin ice cream yang mana berfungsi untuk merubah tekanan refrigeran yang akan digunakan pada proses evaporasi. expansion valve mempunyai peran yang cukup vital karena apabila proses exspansi dari refrigran tidak berhasil baik karena tersumbat atau karena kwalitas design dari expansion valve kurang baik maka proses evaporasi di ruang pendingin/barrel tiadak akan sempurna sehingga akan mempengaruhi temperatur bahan yang akan didinginkan/dibekukan dan yang paling merugikan adlah hasil product yang dihasilkan oleh mesin ice cream tidaka akan mencapai titik pembekuan yang telah diinginkan.
* Cylinder ( cooling room / barrel ) dimana bisa disebut cylinder tube ini didasarkan pada proses tradisional yang terlapisi dengan system jacket yang berisi cairan yang mempunyai karakteristik seperti garam dan es batu yang dibekukan oleh system refrigerasi melalui proses evaporasi yang dapat mentransferkan suhu dingin kedalam ruang cylinder yang berisi adonan es krim yang diaduk oleh shaft screw yang digerakan oleh motor sehingga dapat berputar dengan putaran yang konstan sehingga proses pembekuan dari adonan es krim dapat merata dalam menciptakan butiran-butiran es krim pada mesin soft ice cream / mesin es krim.
* Valve yang sering disebut dengan kran pada mesin soft ice cream / frozen yoghurt machine yang berfungsi guna membuka dan mengalirkan es krim yang telah tercipta dan ini ada beberapa jenis yaitu electric system dan mechanical syste. Untuk mechanical system pada mesin soft ice cream dapat berupa foot valve yang pengeraknya ( handle) nya digerakan kaki dengan cara menginjak hendle dibagian bawah layaknya sistem gas pada mobil sedangkan hand valve pada mesin soft ice cream menggerakan handlenya bisa dengan tangan atau dengan cara mendorong cup/gelas yang posisinya berada diwawah keluaran valve atau kran. Sedangkan uantuk eletric system pada mesin soft ice cream biasanya megunakan system sensor atau limit switch yang sering dikatakan sebagai system full otomatis, dimana ketika kita meletakan cup/gelas maka sensor akan bekerja dan membuka valve yang digerakan oleh coil electrik dan mesin soft ice cream seperti bukan tidak mempunyai kelemaha. Dari segi jenis valve pada mesin ice cream / mesin soft ice cream / mesin frozen yoghurt biasanya dipasaran yang banyak dipakai dengan sistem mechanical baik dg sytem foot valve maupun hand valve.

* Namun dalam beberapa hal untuk pencegahan turunya mutu dari es krim, mesin es krim dengan penggerak electric dilengkapi oleh dengan beberapa tambahan sebagaiman di terangkan dalam fitur tambahan lainnya.

Rekap Pertimbangan untuk Memilih Mesin Ice Cream / ice cream machine /mesin es krim
* Pembekuan Metode – apakah itu menggunakan kompresor, mangkuk atau metode pembekuan lain?
* Manufacture Kompressor dari brand dan negara mana, karena kompressor yang tidak jelas disamping performancenya rendah dan jika ada kerusakan susah sekali untuk mencari spare part nya.

* Kapasitas mesin es krim – berapa banyak soft ice cream / hard ice cream / frozen yoghurt dapat dibuat oleh mesin itu ?
* Kompresor mesin es krim – apa merk / brand kompresor yang digunakan mesin tersebut ? Merk / brand kompresor akan menentukan daya tahan usia kompresor. Semakin terkenal merk kompresor tentunya harganya akan semakin mahal dan daya tahan usia mesin akan semakin lama.
* Ukuran dan Berat mesin es krim – apakah ukuran dimensi dan berat mesin itu cocok di kios / outlet / toko / counter Anda ?
* Speed mesin es krim – seberapa cepat soft ice cream / hard ice cream / frozen yoghurt dapat siap saji ?
* Electric atau Daya Listrik (Watt) yang digunakan oleh mesin es krim– berapa besar mesin soft ice cream tersebut membutuhkan daya listrik dan berapakah kapasitas daya listrik yang tersedia di kios / outlet / toko / counter Anda ?dan yang perlu diperhatikan pada pemilihan power ini untuk indonesia ( PLN ) pilih yang 50 Hz, karena jika dipilih yang 60 Hz dapat mengakibatkan mesin cepat rusak.
* Selanjtnya adalah prilaku penjual/ reseler mesin Ice Cream hendaknya jangan melakukan pembelian jika belum pernah mencoba atau trial kwalitas mesin , karena ini penting sekali untuk melihat sampai seberapa bagus pelayanan yang diberikan.

Mesin Hard Ice Cream

Fitur Tambahan lainnya pada mesin soft ice cream / mesin ice cream / ice cream machine

Fitur-fitur tambahan pada mesin ice cream yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda tentunya adalah fitur yang dapat mempermudah dan mengefektifkan pengoprasian mesin ice cream tersebut, tetapi juga akan menjadi variabel penambah harga total dari mesin ice cream yang Anda beli, antara lain ;
1. Fungsi Precooling System / Fungsi Pendinginan Awal dari Adonan pada mesin soft ice cream ; pendinginan awal adonan sebelum pembuatan ice cream, menjaga adonan ice cream tetap beku fresh di tangki penyimpanan, dan bahkan tetap beku fresh walaupun menginap sampai sampai hari berikutnya.
2. Air Pump / Pompa Udara pada mesin soft ice cream ; berfungsi mempercepat kelancaran keluarnya adonan ice cream keluar dari kran saji. Pada aplikasinya yg baik untuk jenis pump yang digunakan pada mesin frozen yoghurt adalah jenis pump dari diafragm pump. Namun demikian banyak juga digunakan jenis pump seperti yang digunakan di aquarium dimana efek yang timbulkan cukup menyulitkan pemilik mesin karena dapat menimbulkan pengadukan bahan pada tanki isi sehingga bahan akan berbusa dan meluber/tumpah.
3. Low Mix Alarm System / Alarm Pengontrol Level pada mesin soft ice cream persediaan Adonan Beku Fresh di Dalam Tangki Pennyimpan ; alat ini untuk memudahkan kita dalam mengontrol kapan saatnya kita harus segera mingisi ulang bahan adonan ke dalam tangki mesin soft ice cream dalam memproses ice cream, sehingga produksi sajian tidak terputus.
4. Counting Function / Penghitung Keluaran Produksi mesin es krim ; Fitur fungsi ini adalah untuk menghitung berapa banyak cone soft ice cream atau berapa gelas frozen yoghurt yang telah diproduksi, sehingga sangat efektif untuk mengontrol jumlah penjualan yang dilakukan oleh karyawan toko Anda.
5. Electrical valve yang secara otomatis mengeluarkan cairan es krim untuk mengisi gelas/cup ketika diletakan dibawah valve/kran keluaran pada mesin ice cream.
6. Cones Dispenser atau Canopy dan lain lain merupakan accesorie pada mesin forzen yoghurt atau mesin ice cream.
Pertimbangan diatas bisa digunakan sebagai Cara memilih Mesin ES Krim, Namun demikian bagi anda yang ingin membeli mesin Ice cream tidak ada salahnya untuk mendatangi dan melakukan pengecekan langsung apakah anda membeli langsung ke dristributor atau hanya resseler ataupun broker di dunia online yang banyak bertebaran. Sehingga dengan mengetahui bagaimana cara menentukan mesin Ice cream yg cocok dengan bisnis anda akan membuat and bisa membuat keputusan yang telamh melewati pertimbangan yang mempunyai dasarbaik sebagai darsar teknis maupun bisnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s