Sebelum kita mengorasikan mesin pembuat Soft Ice Cream / Frozen Yoghurt ini, terlebih dahulu siapkan adonan Soft Ice Cream / adonan Frozen Yoghurt dengan cara melarutkan / diaduk secara merata dalam wadah terpisah powder Soft Ice Cream / powder Frozen Yoghurt dengan takaran 1 sacet powder kemasan 1 kg dengan 3 liter air siap minum, kemudian diamkan terlebih dahulu adonan yang telah larut sempurna tersebut selama kurang lebih 15 menit.

Mesin Soft Ice Cream / Frozen Yoghurt Seri BJ 188 memiliki lima tombol dari kiri ke kanan

1. Cleaning
Pertama, setiap kali sebelum kita menggunakan mesin ini, kita perlu untuk membersihkan / membilas dengan air bersih sebanyak dua atau tiga kali. Anda harus menuangkan air bersih ke dalam tangki mesin, dan kemudian tekan tombol Cleaning, maka pembersihan / pembilasan akan bekerja secara otomatis. Lakukan hal ini dua atau tiga kali. sebelum digunakan untuk memproduksi Soft Ice Cream / Frozen Yoghurt.

2. Auto Cooling
Bila pembilasan telah kita lakukan, maka tuang adonan soft ice cream / adonan frozen Yoghurt yang telah kita siapkan sebelumnya ke dalam tangki mesin Soft Ice Cream / mesin Frozen Yoghurt ( Kapasitas tiap tangki sekitar 6 liter adonan), kemudian tekan tombol Auto Cooling. Setelah sekitar 8 sampai 12 menit kemudian, Anda telah siap untuk menghidangkan / menikmati Cone pertama dari Soft Ice Cream / Frozen Yoghurt buatan Anda.

3. Setting (Stop)
Tombol ini adalah tombol utama bagi Anda untuk mengatur parameter kinerja mesin tersebut. Ketika Anda menekan tombol ini sekali, maka mesin akan berhenti bekerja. Dan jika Anda menekan tombol ‘Stop’ ini “secara berterusan agak lama” maka pertama akan tampak muncul parameter yang menunjukkan level ketersediaan adonan dalam tangki yang saat ini masih tersisa di dalam  tangki pada mesin tersebut. Tampilan perubahan kedua adalah parameter kekosongan level adonan dalam tangki ; bila sampai menunjukkan angka 99 maka berarti produksi Soft Ice Cream / Frozen Yoghurt sudah tidak bisa lagi ( Break Time ) berarti Anda harus menuangkan lagi adonan baru ke dalam tangki mesin. Kemudian tampilan perubahan ketiga adalah akan menunjukkan kepada Anda jumlah produksi atau jumlah Cone Soft Ice Cream / jumlah Cone Frozen Yoghurt yang telah Anda produksi. Tampilan perubahan terakhir adalah menunjukkan kepada Anda bahwa telah terjadi sesuatu yang salah terhadap kinerja mesin, yang bisa jadi disebabkan oleh malfungsi dari kompresor ataupun malfungsi dari mesin penggerak (motor) evaporator.

4. Hardness
Tombol ini adalah tombol untuk mengatur tingkat kekerasan (Hardness) dari out put Soft Ice Cream / Frozen Yoghurt. Apabila Anda merasa bahwa out put Soft Ice Cream / Frozen Yoghurt yang keluar dari mesin ini teksturnya terlalu lembek, maka Anda dapat men-set up (menambah) tingkat kekerasan tekstur (Hardness) dari out put Soft Ice Cream / Frozen Yoghurt tersebut dengan cara menekan terlebih dahulu tombol ‘Stop’ sampai mesin berhenti bekerja, kemudian tekan tombol ‘Hardness’, di dalam panel tersebut akan muncul parameter angka penunjuk tingkat kekerasan out put saat ini misal tertampil angka ‘3’, bila Anda ingin menambah tingkat kekerasan maka tekan tombol ‘Hardness’ tersebut sampai muncul angka misal ‘5’. Setelah tertampil pilihan tingkat hardness ‘5’ sesuai keinginan Anda, selanjutnya tekan tombol “Auto” untuk mengeksekusi perintah tersebut. Seketika itu mesin akan bekerja secara otomatis merubah parameter tingkat Hardness dari semula ‘3’ menjadi ‘5’, dan dalam waktu sekitar dua menit kemudian tingkat hardnes dari out put Soft Ice Cream / Frozen Yoghur akan berubah teksturnya menjadi lebih keras.

5. Softness
Tombol ini adalah tombol untuk mengatur tingkat kelembekan (Softness) dari out put Soft Ice Cream / Frozen Yoghurt. Apabila Anda merasa bahwa out put Soft Ice Cream / Frozen Yoghurt yang keluar dari mesin ini teksturnya terlalu keras, maka Anda dapat men-set up (mengurangi) tingkat kekerasan tekstur (Hardness) dari out put Soft Ice Cream / Frozen Yoghurt tersebut dengan cara menekan terlebih dahulu tombol ‘Stop’ sampai mesin berhenti bekerja, kemudian tekan tombol ‘Softness’, di dalam panel tersebut akan muncul parameter angka penunjuk tingkat kekerasan out put saat ini misal tertampil angka ‘6’, bila Anda ingin mengurangi tingkat kekerasan maka tekan tombol ‘Softness’ tersebut sampai muncul angka misal ‘4’. Setelah tertampil pilihan tingkat softness ‘4’ sesuai keinginan Anda, selanjutnya tekan tombol “Auto” untuk mengeksekusi perintah tersebut. Seketika itu mesin akan bekerja secara otomatis merubah parameter tingkat Hardness dari semula ‘6’ menjadi ‘4’, dan dalam waktu sekitar dua menit kemudian tingkat hardnes dari out put Soft Ice Cream / Frozen Yoghur akan berubah teksturnya menjadi lebih lembek.

Selamat Mempraktekkan dan membuktikan kemudahan pengoprasian Mesin Soft Ice Cream / Mesin Frozen Yoghurt ini.

Salam Sukses Kuliner.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s